• Maret 29, 2023

Tips untuk Bisa Membaca Cepat, Bisa Buat Baca Lebih Banyak Buku!

Apakah kamu ingin memiliki kemampuan untuk bisa membaca cepat? Jika iya, ini adalah cara yang baik untuk bisa mengeksplorasi teknik yang bisa kamu gunakan dalam membaca dengan lebih baik dan cepat.

Ada momen di mana membaca cepat cocok digunakan, namun ada juga momen sebaiknya kamu tidak membaca dengan meotde ini.

Membaca cepat sendiri merupakan proses cepat untuk mengenali dan menyerap kalimat pada halaman, bukan mengidentifikasi kata perindividu.

Setiap harinya, kamu mungkin membutuhkan mix parlay untuk membaca banyak file, laporan, situs web, berita di sosial media, buku, sampai ke majalah. Di sinilah kamu bisa menerapkan sistem membaca cepat, karena dengan demikian kamu bisa tetap mengikuti perkembangan yang ada sambil tetap membuat keputusan yang tepat.

Semua teknik membaca cepat sendiri memiliki kesamaan, yakni kamu akan menghindari pengucapan dan ‘mendengar’ setiap kata di kepala saat kamu membacanya, ini merupakan sebuah proses yang dikenal dengan ‘Sub-vokalisasi’. Dari pada kamu melewati barus atau kelompok kata tertentu, kamu tetap bisa memahami kata lebih cepat dibandingkan dengan mengucapkannya.

Salah satu cara untuk bisa menghentikan diri kamu dari melakukan sub-vokalisasi adalah dengan terfokus kepada blok kata dari pada satu-persatu. Lakukanlah dengan merilekskan wajah dengan melembutkan atau melebarkan pandangan pada halaman. Ini akan membuat kamu berhenti untuk melihat kata-kata sebagai satu kesatuan yang berbeda. Saat ini kamu akan berlatih melewati halaman dengan lebih cepat.

Kemudian, jika kamu mendekati akhir baris, maka biarkan penglihatan tepi mengarahkan mata pada rangkaian kata terakhir. Ini akan lebih membantu dalam menghentikan jeda yang ada di dalam pembicaraan. Artinya, pemindai ke baris berikutnya dan ke bawah dengan lebih cepat.

Mengetahui “bagaimana” dan “kapan” membaca cepat hanyalah langkah pertama menuju sukses. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu untuk bisa membaca cepat:

• Hindari gangguan. Ciptakan lingkungan di mana interupsi dan gangguan sesedikit mungkin, untuk memungkinkan kamu lebih fokus sepenuhnya pada kata-kata di hadapan kamu.

• Lakukan dengan santai. Baca novel yang tidak rumit atau artikel online sederhana untuk mengetahui teknik mana yang paling cocok untuk kamu. Ukur seberapa banyak yang telah diingat atau pahami, dan atur pengatur waktu untuk melihat seberapa cepat kamu  sekarang membaca.

• Tutupi kata-kata yang sudah Kamu baca. Ini membantu Kamu untuk menghentikan mata Kamu dari beralih kembali ke kata-kata sebelumnya dan memperlambat pembacaan Kamu.

• Tahu apa yang Kamu inginkan dari teks. Ini bisa berguna jika Kamu menggunakan metode skimming, karena ini membuat Kamu memperhatikan ketika Kamu melihat kata, kalimat, atau frasa yang relevan. Kamu kemudian dapat memperlambat pada titik-titik ini, atau melingkari titik-titik tersebut untuk penekanan, tetapi jika tidak, bergerak melintasi halaman dengan cepat.

• Patokan kemajuan. Dengan cara ini Kamu dapat mengetahui apakah latihan Kamu membuahkan hasil.

• Berlatih, berlatih, berlatih. Kamu harus berlatih membaca cepat untuk menguasainya. Semakin banyak Kamu melatih diri sendiri, semakin alami rasanya.