• Mei 18, 2024

Resensi Buku: Pengantar Sistem Penelitian Tertib 2024

Pendahuluan
Penelitian yakni suatu aktivitas ilmiah yang berhubungan dengan analitis dan kontruksi yang dilakukan secara metodologis, sistematis, dan konsisten.

Dengan dilakukan penelitian, seorang dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab sebuah gejala, bagaimana gejala tersebut timbul, dan lain sebagainya.

Penelitian di bidang peraturan, diketahui juga dengan penelitian peraturan. Selain bertujuan untuk memandang dan mengevaluasi slot depo qris efektifitas penerapan dan implementasi peraturan, penelitian peraturan juga bertujuan untuk memastikan langkah-langkah ke depan apa yang mesti diambil berdasarkan hasil penelitian yang didapat.

Dr. Amiruddin, S.H., M.Hum. dan Prof. Dr. H. Zainal Asikin, S.H.,S.U. dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Sistem Penelitian Tertib” menerangkan lebih lanjut berhubungan metodologi penelitian peraturan.

Dalam bukunya, Amiruddin dan Zainal Asikin memberi tahu dua macam metodologi penelitian peraturan, yakni metodologi penelitian normatif dan metodologi penelitian peraturan sosiologis (penelitian peraturan empiris).

Metodologi penelitian peraturan normatif yakni macam penelitian yang mengonsepkan peraturan sebagai apa yang tertulis dalam peraturan perundang-undangan (law in books) atau peraturan dikonsepkan sebagai kaidah atau norma yang yakni barometer berbuat manusia yang dianggap sesuai.

Sedangkan, metodologi penelitian sosiologis (penelitian peraturan empiris) yakni macam penelitian yang mengonsepkan peraturan sebagai pranata sosial yang secara kongkrit dikaitkan dengan variabel-variabel sosial yang lain.

Jadi, apabila peraturan sebagai gejala sosial yang empiris sifatnya, karenanya perlu ditelaah sebagai variabel bebas/sebab yang memunculkan dampak dan dampak pada berbagai aspek kehidupan sosial, kajian tersebut disebut kajian peraturan yang sosiologis (Socio-sah research).

Buku ini juga memberi tahu seputar cara penelitian peraturan yang lebih spesifik dan detail. Materi-materi tersebut sudah terangkum dalam 8 Bab, yang dimulai dengan pengenalan mengenai apa itu penelitian dan hal-hal yang berhubungan di dalamnya.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan mengenai langkah-langkah dalam penelitian dan teknik sampling. Selanjutnya, disajikan berhubungan format penelitian peraturan, pengolahan dan analitik data, sampai penulisan laporan penelitian.