• Juni 1, 2024

Raih Penghargaan JASRAC Berakhir Nyanyian ‘Idol’ Yoasobi Mendapat Distribusi Royalti Terbesar 2023

Nyanyian ‘Idol’ dari grup musik Jepang Yoasobi mendapatkan distribusi royalti terbesar pada tahun anggaran 2023 sehingga meraih penghargaan dari Masyarakat Jepang untuk Hak-Hak Pengarang, Pencipta, dan Penerbit Jepang atau JASRAC Awards.

Duo penyanyi-produser Yoasobi berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi untuk nyanyian-nyanyian tahun ini dengan pembagian royalti terbesar yang didistribusikan, oleh badan hak cipta musik Jepang pada tanggal 22 Mei lalu.

Penghargaan Emas untuk tahun 2024 diberi untuk nyanyian ‘Idol,’ yang ditulis dan dikomposisikan oleh member mononim Ayase.

Nyanyian ini dirilis pada bulan April 2023 dan pada tanggal 10 Juni, menjadi nyanyian pertama dengan lirik berbahasa Jepang yang menduduki puncak tangga chart Billboard Global Excluding U.S.

Diberitakan Mainichi Shimbun dikabarkan Japanese Station, penulis nyanyian Yoasobi, Ayase berkomentar bahwa Yoasobi sudah diberkati dengan peluang baru dan nyanyian ‘Idol’ menjadi tenaga pendukung.

Ia juga mengatakan dirinya merasa terhormat mendapatkan penghargaan hal yang demikian. Tahun lalu, Ayase mendapatkan Silver Award untuk nyanyian ‘Yoru ni Kakeru’ karya Yoasobi, yang menduduki posisi ke-10 tahun ini.

Kecuali itu, dalam penghargaan spaceman slot tahunan hal yang demikian, Penghargaan Perak diberi terhadap grup HoneyWorks untuk nyanyian ‘Kawaikute gomen,’ dengan lirik dan musik oleh member grupnya, Shito.

Sementara penghargaan perunggu diberi terhadap grup musik rock Alexandros untuk nyanyian ‘Senko,’ yang ditulis dan digubah oleh vokalis Yohei Kawakami.

Penghargaan tahunan Masyarakat Jepang untuk Hak-hak Pengarang, Pencipta dan Penerbit (JASRAC) diberi terhadap nyanyian-nyanyian yang diproduksi di dalam negeri yang mendapatkan distribusi royalti terbesar pada tahun anggaran sebelumnya.

Cerita Nyanyian Idol
Lirik nyanyian ‘Idol’ menceritakan seorang idola musik yang tenar total. Sehingga sulit mendapatkan pandangan jujur dan tulus dari orang lain untuk dirinya.

Mereka selalu terpikat dengan idola musik hal yang demikian dan seluruh rahasianya selalu disembunyikan dalam senyuman yang ditampilkan.

Cinta idola musik hanya untuk seseorang yang dianggap lebih baik dan total daripada dirinya. Ia selalu ingin suatu ketika nanti, dirinya menjadi seorang idola yang jujur dan unik.

Karena ketika ini masih harus terus berdusta untuk menjaga citranya yang total di hadapan penggemarnya.

Tapi, ia bersikukuh bahwa kehidupannya kini tidak akan menggoyahkan pujaan hatinya yang terpaut pada seorang saja. Sang idola konsisten mengatakan mencitai seseorang itu dengan tulus dan ingin akan mengucapkannya di kemudian hari.

Nyanyian ‘Idol’ YOASOBI ini yaitu original soundtrack anime Oshi no ko yang meledak di Jepang dan berbagai negara.