• Maret 30, 2024

Profesional pendidikan berbasis sekolah dapat menantikan posisi TPPO “Ferienjob”

SURABAYA, – Pakar pendidikan Surabaya menilai kampus sekolah mempunyai peran penting dalam mencegah tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan menggunakan situasi ferienjob Jerman.

Direktur Data, Komunikasi dan Litbang Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur, Bapak Isa Anshori mengatakan, dalam hal ini TPPO, pihak sekolah dilibatkan dalam penyediaan lapangan kerja. “Sekolah terlibat berdasarkan MoU (memorandum of Understanding) atau kesepakatan antara sekolah dengan penyedia layanan,” kata Isa saat dihubungi melalui telepon, Kamis (28/3/2024).

Sementara itu, sekolah mungkin tidak menyadari bahwa eksploitasi slot77 gacor sedang terjadi selama pembelajaran. Karena siswalah yang mendapatkan sistem yang tepat ketika mereka bekerja.

“Jadi, jika terjadi penganiayaan terhadap siswa di tempat kerjanya, itu kembali pada kesepakatan antara pihak sekolah dengan rekan (lembaga) yang menerima pekerjaan tersebut,” jelasnya. Oleh karena itu, Isa mengatakan sekolah memegang peranan yang sangat penting dalam program tersebut. Salah satunya adalah menentukan siapa yang menyediakan lingkungan belajar bagi siswa. “Maka definisi transparansi harus dijelaskan, jadi semuanya nyambung, kalau terjadi seperti sekarang (tuduhan TIP), pihak sekolah bisa segera mengambil tindakan.”

Mantan anggota Dewan Pendidikan Jawa Timur (Jatim) ini mengatakan, pihak kampus juga bisa memutuskan apa yang dipelajari selama pembelajaran yang harus dilakukan pengawas.

“Jadi seperti program kerja yang diterima mahasiswa saat magang. Jangan sampai mahasiswa magang mendapat nilai bagus, tapi tidak bisa berbuat apa-apa,” ujarnya. Diberitakan sebelumnya, dalam kasus ini, sedikitnya 1.047 mahasiswa menjadi korban dan 33 kampus terlibat. Para mahasiswa menandatangani kontrak program magang di Jerman. Namun, mereka tidak menggunakan sesuatu yang jauh dari masha mereka. Kompresi dan korespondensi dengan kerja sama dengan kerja sama dengan industri, itu adalah PTH SHB, mengirim siswa mereka ke Jerman kampus Merdeka. PT SHB selaku pemberi kerja menjalin kerja sama dengan pihak universitas yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU).