• Juni 4, 2024

Pengusaha Kanada Lelang Koleksi Barang Mewah Miliknya Senilai Rp975 Miliar, Termasuk Kendaraan Ferrari Langka

Pengusaha di Kanada menjual koleksinya, mulai dari sepatu olahraga sampai mobil mewah, senilai USD 60 juta atau sekitar Rp975 miliar dan dilelang di RM Sotheby.

Diinfokan BBC, Selasa (4/6/2024), koleksi milik Miles Nadal yang dijual termasuk baju balap yang ditandatangani oleh eks bintang Formula Satu Michael Schumacher dan lima Ferrari merah klasik senilai sempurna USD 20,25 juta atau sekitar Rp329 miliar.

Kecuali itu, ada juga sepasang sepatu Nike “Moon Shoe” langka yang dibeli Nadal dengan Harga USD 437.500 atau sekitar Rp7 miliar. Itu yakni komponen dari koleksi mewah pengusaha yang sebelumnya dipajang di museum pribadi di Toronto.

Ada juga sepatu kets senilai USD 2 juta atau sekitar Rp32,5 miliar, yang dibeli Nadal baru-baru ini.

“Suatu hari aku bosan, duduk di demo spaceman pondok aku di Muskoka, dan aku membeli sesuatu yang disebut koleksi sepatu kets terbaik dari Sotheby’s; itu yakni 100 sepatu kets paling ikonik,” kata Nadal.

Koleksi Nadal lainnya termasuk sepatu kets Air Jordan orisinil yang ditandatangani oleh legenda basket Michael Jordan.

Lebih jauh, ada 100 mobil langka yang pernah dipajang di museum “Dare to Dream” milik Nadal di Toronto, yang ikut serta dilelang. Ini termasuk Ferrari 288 GTO, F40, F50, Enzo dan LaFerrari serta McLaren P1 2015.

Dalam wawancara dengan bermacam-macam media, Nadal mengatakan dia melelang beberapa koleksinya untuk mengosongkan ruang di rumahnya dan akan mendonasikan hasil penjualannya untuk amal.

“Aku berusia 66 tahun, aku ingin merasakan hasil kerja aku dan mencoba membuat dunia menjadi tempat yang lebih bagus,” katanya terhadap BNN Bloomberg.

Mengoleksi Lebih dari 25 Tahun Lalu

Nadal, yang pernah menjadi salah satu CEO dengan bayaran tertinggi di Kanada, mengatakan dia mulai mengoleksi mobil langka dan memorabilia lainnya lebih dari 25 tahun yang lalu.

Dia menandakan koleksinya sebagai hasil dari “investasi emosionil” yang dia lakukan pada barang-barang yang benar-benar dia minati.

Melainkan dia menambahkan bahwa perawatannya menjadi sulit, dan hal tersebut yakni alasan lain dia memastikan untuk melelangnya.