• Maret 12, 2024

Macam-Macam Sumber Sejarah, Lengkap beserta Penjelasannya

Sumber histori adalah segala sesuatu yang secara langsung atau tidak langsung menceritakan masa lalu. Sumber histori disebut terhitung data sejarah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, data adalah keterangan yang benar dan bahan nyata yang mampu dijadikan sebagai dasar kajian, kesimpulan atau kesimpulan.

Data histori mempunyai pengertian semua Info yang mampu dijadikan sebagai dasar untuk menyusun ulang moment masa lalu.

Namun, wajib diingat, sumber histori bukanlah sejarah. Sejarah itu tersedia dikarenakan konstruksi dari sejarawan pada sumber sejarah.

Adanya sumber histori slot gacor 777 merupakan bukti dan fakta terdapatnya sejarah. Dengan sumber sejarah, sejarawan mampu mengerti kenyataan sejarah.

Tanpa sumber, sejarawan tidak dapat mampu bicara apa-apa berkenaan masa lalu, dan begitu pula tanpa sentuhan sejarawan, sumber histori pun belum mampu banyak bicara apa-apa.

Berikut ini macam-macam sumber histori lengkap beserta penjelasannya yang wajib diketahui, dilansir dari Modul Sejarah Paket C Setara SMA/MA terbitan Kemdikbud, Senin (4/9/2023).

Sumber Sejarah Berdasarkan Bentuknya

Sumber histori pada dasarnya mampu dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sumber dokumenter, artefak, dan lisan.

Sumber Dokumenter

  1. Laporan

Laporan-laporan mampu bersifat laporan yang dibuat oleh instansi pemerintah atau instansi non pemerintah. Pembuatan laporan umumnya per tahun.

Jadi, kami mampu gunakan laporan tahunan. Pada lembaga-lembaga pemerintah, umumnya bahagia dibuat laporan tahunan.

Sedangkan laporan non pemerintah andaikan laporan perusahaan. Dengan terdapatnya laporan tahunan perusahaan, kami dapat mengerti bagaimana perkembangan perusahaan didalam periode tertentu.

  1. Surat-Surat

Surat-surat mampu menjadi histori baik surat surat spesial maupun surat surat resmi yang dibuat oleh pemerintah. Dalam surat kami mampu memandang tanggal, ditujukan kepada siapa, dari siapa (pembuat), dan isikan surat itu.

Isi surat ini dapat beri tambahan suatu Info perlu apa yang berjalan pada saat itu.

  1. Surat Kabar

Sumber tertera yang banyak merekam atau mencatat kejadian-kejadian sehari-hari yang berjalan di masyarakat adalah surat kabar. Berita yang dimuat didalam surat kabar benar-benar beragam, tersedia berita ekonomi, politik, sosial, dan budaya.

Bagi peneliti sejarah, berita-berita tersebut mampu dijadikan sumber bahan penelitiannya. Sumber yang digunakan bergantung pada tema penelitian yang ditelitinya.

Apabila menghendaki meneliti histori ekonomi maka berita-berita ekonomi yang dapat lebih banyak digunakan, namun kemungkinan pula berita politik dan sosial terhitung digunakan, sepanjang tersedia kaitannya bersama dengan tema penelitian.

  1. Catatan Pribadi

Catatan spesial ini mampu beri tambahan Info yang kemungkinan saja tidak terdapat pada laporan-laporan resmi, andaikan laporan resmi pemerintah. Ada pula dari catatan-catatan spesial ini yang sesudah itu disusun oleh si pemilik catatan tersebut menjadi sebuah autobiografi atau memoar.

  1. Notulen Rapat

Notulen rapat adalah catatan-catatan yang memuat berkenaan hal-hal yang menjadi materi perlu didalam obrolan rapat. Catatan dibuat umumnya oleh tidak benar seorang yang ditunjuk atau ditugaskan utuk menjadi pencatat atau sekretaris.

Apabila kami menemukan notulen rapat, dapat beri tambahan Info yang bernilai berkenaan perihal yang menjadi topik penelitian kita. Apalagi kalau kami mampu menemukan notulen rapat, masih didalam bentuk postingan tangan asli dari si pencatat rapat.