• Maret 30, 2024

Ini Durasi Jam Belajar Siswa SD, SMP, dan SMA/SMK Selama Puasa 2024

Selama bulan Ramadhan 1445 H (tahun 2024), jam belajar siswa SD, SMP, SMA/SMK di beberapa wilayah akan berubah. Siswa akan masuk sekolah dengan jam masuk dan pulang yang berbeda dari waktu sebelum puasa. Jadi berapa lama siswa jam slot gacor gampang menang belajar siswa selama puasa? Berdasarkan Surat Edaran Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM selama Ramadhan, durasi jam belajar dipersingkat, agar siswa dan para guru bisa lebih maksimal dalam menjalankan ibadah puasa. Rata-rata jam belajar siswa SD, SMP, dan SMA/SMK dipangkas paling banyak 10 menit per mata pelajaran.

Berikut informasi lebih rinci jam belajar siswa SD, SMP, dan SMA/SMK di lima provinsi. Mulai Provinsi DKI Jakarta sampai Jawa Timur.

Durasi jam belajar siswa selama puasa 2024 di 5 provinsi

1. Provinsi Jakarta

Dilansir dari pengumuman di laman Disdik Jakarta, bagi sekolah yang menyelenggarakan KBM pagi dimulai pukul 06.30 WIB untuk semua jenjang, kecuali jenjang PAUD dapat menyesuaikan dengan Satuan Pendidikan masing-masing.

Kemudian bagi sekolah yang menyelenggarakan jam belajar petang hari bisa memulai jam masuk sekolah seperti ini:

SD mulai pukul 11.00 WIB
SMP mulai pukul 11.30 WIB

Alokasi atau durasi waktu setiap puasa akan dikurangi 10 menit per mata pelajaran.

2. Provinsi Jawa Barat

Jam belajar siswa di Jawa Barat juga mengalami perubahan. Seperti di Kota Depok, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 094/1472/Disdik-Pemb. SMP/2024 tentang kegiatan belajar selama bulan ramadan 1445 Hijriah.

Surat tersebut dikeluarkan pada 1 Maret 2024 untuk Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta, Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta, dan Kepala Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/TK. SE ini dikeluarkan untuk menghadapi bulan suci ramadan 1445 H.

Dalam surat itu, libur awal puasa mulai 12 – 13 Maret 2024. Kemudian jam belajar dimulai pukul 08.00 WIB dan diatur menyesuaikan situasi dan kondisi satuan pendidikan.

Kemudian, ada satu jam pelajaran terdiri dari 25 menit untuk SD dan 30 menit untuk SMP. Sedangkan untuk PAUD/TK menyesuaikan.