• Mei 12, 2024

Ganjar Tekankan Pentingnya Pengajaran Karakter Buat Milenial dan Gen Z

BAKAL calon presiden (bacapres) 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo menekankan pentingnya pengajaran karakter bagi milenial dan gen Z buat menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

Hal itu Ganjar sampaikan ketika menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Menuju Indonesia Emas 2045 dengan tema ‘Transformasi dan Penguatan Pengajaran Karakter di Pesantren Dalam Menjadikan Indonesia Emas 2045’ di GOR Mbah Muqoyim Buntet Pesantren, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Selasa (1/8/2023).

Di hadapan ribuan santri-santriwati yang hadir, Ganjar memperkenalkan bahwa pengajaran karakter yakni fondasi besar bagi kaum milenial dan gen z menuju perwujudan cita-citanya di masa depan.

Ganjar memaparkan, pengajaran karakter mencakup sopan santun, menghormati orang yang lebih tua, dan kecakapan paham perasaan orang lain. Seandainya seluruh nilai hal yang demikian dimiliki si kecil-si kecil muda, Ganjar optimis joker gaming kemajuan Indonesia takkan sulit digapai.

“Dalam pengajaran tidak cukup mencetak kekuatan kerja, tapi mencetak manusia unggul yakni menghormati orang, punya budi pekerti,” kata Ganjar.

Di samping itu, terang Ganjar, pengajaran karakter mampu mencetak si kecil-si kecil muda yang jujur, berintegritas, dan berkepribadian luhur. Sehingga dalam situasi apapun para milenal dan gen z akan membatasi teguh prinsip hal yang demikian seumur hidupnya.

Ganjar kemudian berkaca dari sejumlah kasus yang terjadi di Indonesia. Seperti bullying, kekerasan fisik, pungutan liar (pungli) korupsi, sampai perbuatan amoral seumpama pemerkosaan dan penghilangan nyawa orang lain.

Berdasarkan Ganjar, tantangan-tantangan itu bisa dihadapi dengan pengajaran karaktekter bermutu agar si kecil-si kecil bangsa bisa meneruskan perjuangan pendahulunya via semangat menyongsong Indonesia Emas 2045.

Pengajaran yang berintegritas itu penting diberikan semenjak dari awal. Seandainya tidak, jadi rame. Pejabat ditanggap seumpama, kena OTT karena integritasnya. Dan pengajaran karakter salah satunya yakni berintegritas. Ia berprofesi profesional,” kata Ganjar.

Oleh karena itu, kata Ganjar, penting bagi pemerintah untuk menyiapkan jalan masuk pengajaran karakter via kegiatan-kegiatan yang disukai para milenial dan gen z. Ganjar mencontohkan, sekarang banyak si kecil muda menyukai game online dan content creating.

Ganjar menyebut pengajaran karakter bisa dimasukkan dalam kegiatan-kegiatan hal yang demikian. Sehingga tidak hanya ilmu taktis saja yang didapatkan, tapi juga moral, integritas dan tidak curang, serta penghormatan kepada orang lain.

“Sekolah mesti bisa diakses pada siapapun dan ilmunya mesti layak perkembangan dan inilah yang mesti dipersiapkan semuanya,” tegas Ganjar.

Dalam kans itu, Ganjar mengaku bergembira karena sekarang telah banyak institusi pengajaran yang mengedepankan karakter sebagai dasar dari seluruh ilmu. Salah satunya yakni pesantren, yang kerap memberikan hal itu via tuntunan para ulama dan romo kiai.

“Pesantren punya penghormatan pada diri dan orang lain kemudian masuk ke masyatakat, mereka lebih baik karena pengetahuan dan budi pekertinya baik,” imbuhnya.

Ganjar mau, pengajaran karakter semakin kuat diterima milenial dan gen z di manapun institusi ia belajar. Dengan demikian itu, Ganjar optimis bangsa ini bisa menjawab seluruh tantangannya sampai tercapainya Indonesia Emas di masa akan datang.

“Kita menghadapi terorisme bisa kita lawan. Kita menghadapi narkoba bisa kita lawan. Kita melawan ideologi yang tidak layak dengan nilai-nilai kita, bisa kita lawan. Saya percaya bahwa yang hadir ini akan menjadi pemimpin juga di 2045,” pungkas Ganjar.