• Mei 22, 2024

Dari Pihak Nurul Ghufron Melaporkan Kepada Dewas ke Bareskrim Polri

Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengaku belum ada perbincangan dengan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yang melaporkan Dewan Pengawas (Dewas) KPK ke Bareskrim Polri atas dugaan pencemaran nama bagus.

“Belum, belum. Saya belum komunikasi,” ungkap Nawawi di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (22/5/2024).

KPK sebelumnya buka bunyi slot gacor malam ini seputar Nurul Ghufron yang melaporkan Dewas KPK ke Bareskrim Polri dengan dugaan pencemaran nama bagus.

Kepala Komponen (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut, laporan Ghufron ke Polri merupakan keputusan yang bersangkutan sendiri. Dia menegaskan tak ada sangkut pautnya dengan lembaga antirasuah.

“Persoalan antara Pak Nurul Ghufron dan Dewas dan Bareskrim dan sebagainya ini kan putusan pribadi dari Pak Nurul Ghufron bukan putusan kolektif kolegial pimpinan,” kata Ali di gedung Dewas KPK, Selasa 21 Mei 2024.

Ali menyebut, laporan Ghufron di Mabes Polri sudah dikenal pimpinan KPK lainnya. Dia menegaskan, pimpinan KPK lain tak ikut serta terlibat dalam laporan itu.

Hal itu juga berlaku pelbagai gugatan Ghufron yang ketika ini berproses di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Mahkamah Agung (MA).

“Ini merupakan putusan pribadi dari Pak Gufron selaku insan KPK, itu yang kami berkeinginan tegaskan kembali soal bagus itu laporan ke PTUN, Mahkamah Agung, maupun Bareskrim tadi yang sudah diceritakan dalam pemberitaan,” tegas Ali.

Nurul Ghufron Laporkan Dewas KPK ke Polri
Sebagaimana dikenal, Ghufron melaporkan anggota Dewas KPK ke Bareskrim Mabes Polri. Dia melaporkan anggota Dewas tersebut dengan dugaan pencemaran nama bagus.

“Saya laporkan pada tanggal 6 Mei 2024 ke Bareskrim dengan laporan dua pasal, merupakan Pasal 421 KUHP merupakan penyelenggara negara yang memaksa untuk berbuat atau tak berbuat sesuatu. Kedua, pencemaran nama bagus, Pasal 310 KUHP, itu yang sudah kami laporkan,” ungkap Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (20/5).

Ghufron tidak mau membeberkan siapa anggota Dewas yang dilaporkannya itu. Cuma saja kata ia pihak yang dilaporkannya bukan hanya satu orang saja.