• Mei 3, 2024

Bahas AI dalam Pelajaran Berbasis Google, REFO Gelar GSIS 2024

Artificial intelligence (AI) sudah menjadi bagian integral dalam pengajaran. Karenanya dari itu, perlu terobosan dalam mengeksplorasi peran teknologi untuk mereformasi pengajaran di Indonesia.

Berhubungan dengan itu, PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) menggelar G-Schools Indonesia Summit (GSIS) 2024 dengan tema “Tren AI dalam Pelajaran Berbasis Google”.

Acara yang diadakan pada spaceman Sabtu (27/4/2024) di IPEKA BSD, Tangerang, ini dihadiri lebih dari 400 peserta yang terdiri dari pemimpin, pengambil keputusan, dan influencer dari sekolah-sekolah pengguna produk dan layanan Google for Education di seluruh Indonesia.

Google for Education Indonesia Country Lead, Olivia Husli Basrin, mengatakan bahwa teknologi ialah jembatan untuk memperkecil kesenjangan yang selama ini menjadi permasalahan dalam cara pengajaran di Indonesia.

“Teknologi hadir menuntaskan permasalahan gap tersebut, dan ketika ini mulai banyak sekolah yang mulai mengadopsi teknologi Google dan mengaplikasikan pelaksanaan belajar mengajar,” ucap Olivia via siaran pers, Kamis (2/5/2024).

GSIS 2024 diadakan di IPEKA BSD yang ialah Sekolah Acuan Google pertama di Indonesia.

Director of International School, Susanti, mengucapkan, dengan menyandang predikat Sekolah Acuan Google, sekolah ini kerap kali menjadi percontohan pengimplementasian teknologi Google untuk sekolah-sekolah lain.

“Sekolah kami jadi salah satu contoh riil yang bisa diterapkan Google untuk dipelajari oleh sekolah-sekolah lainnya,” ujar Susanti.

Sementara itu, Direktur REFO, Pepita Gunawan, menuturkan bahwa penyelenggaraan acara ini sekaligus sebagai kancah networking bagi tenaga pendidik untuk saling berjumpa dan belajar terkait dengan pemanfaatan AI dalam bidang pengajaran.

“Kita ingin para hero itu datang, ketemu dan berjejaring supaya mereka bisa membangun support system yang kuat,” ucap Pepita.

Berdasarkan ia, di Indonesia tak banyak perusahaan dengan spesialisasi pengajaran yang bergerak dalam bidang meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE) sehingga sedikit sekali acara semacam ini dengan konsentrasi edukasi.