• Mei 12, 2024

Baca Komik Bikin Kamu Tambah Cerdas!

Pernah nggak waktu kecil dahulu, kamu dilarang baca komik sama orang tuamu? Katanya sih baca komik nggak ada manfaatnya dan malah bikin bodoh. Mending baca buku pembelajaran saja yang terang manfaatnya. Kesudahannya, dengan berat hati kamu berhenti baca komik demi menuruti bimbingan orang tuamu.

Tetapi terbukti, baca komik itu banyak manfaatnya, lho. Pun dapat bikin kamu cerdas. Nggak percaya? Yuk, kita kulik beritanya berikut ini.

Bagus untuk Fungsi Otak
Pada dasarnya ketika kita membaca cerita, fungsi otak akan berubah. Seperti yang dikutip oleh lifehack.org, ketika seseorang membaca sebuah cerita menarik di buku komik, aktivitas neuron akan berubah ketika sedang membaca juga beberapa hari ketika selesai membaca. Apalagi dengan gambar dan ilustrasi yang menarik, aktivitas membaca tak lagi terasa membosankan.

Cara Berdaya Dapat Lebih Kreatif
Ketika membaca komik, kita akan memandang kombinasi dan integrasi bermacam-macam elemen. Mulai dari teks, narasi, dan ilustrasi. Seluruh itu akan membuat kita belajar untuk berdaya upaya dengan metode berbeda. Nantinya malah spaceman game kita dapat jadi berdaya upaya dengan lebih kreatif lagi. Membaca komik dapat menghadirkan perasaan senang. Sehingga kemampuan atau aktivitas berdaya upaya dapat terasa lebih baik lagi.

Meningkatkan Kecakapan Verbal
Hobi membaca, termasuk membaca komik dapat meningkatkan kemampuan atau kecerdasan lisan. Kosakata dan percakapan yang disajikan di komik akan memperkaya kemampuan berbahasa kita. Kecakapan kita untuk menarasikan atau menjabarkan sebuah cerita malah dapat jadi lebih baik.

Meningkatkan Kecakapan Menelaah Permasalahan
Cerita dalam buku komik memiliki banyak tema dan topik. Salah satunya tema pahlawan super (superhero). Dalam sebuah cerita pastinya akan ada konflik yang muncul. Dengan munculnya konflik, maka akan ada yang namanya progres mengatasi persoalan. Dengan mencontoh alur atau plot cerita, disadari atau tak kemampuan kita dalam menganalisa persoalan akan meningkat. Seandainya digunakan di dunia riil, maka kita akan lebih gampang berdaya upaya jernih mengurai sebuah persoalan lalu menemukan jalan keluarnya.

Membaca komik memang menyenangkan. Pun terbukti memang memberi banyak manfaat positif. Hanya saja pastinya jangan sampai kita lupa waktu, ya Ladies.