• Mei 20, 2024

Antar Lantas Bansos Sembako dan PKH, Petugas Curhat Penerima Pindah Rumah tapi Tidak Lapor

PT Pos Indonesia (Persero) memastikan penyaluran bantuan sosial (bansos) sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) tiba di tangan penerima pas waktu. Supaya penyaluran berjalan lancar, Pos Indonesia selalu berkoordinasi dengan sejumlah pihak berkaitan. Salah satunya, dengan pendamping PKH.

Kerja sama yang baik ini dilakukan Pos Indonesia dengan segala pendamping PKH, di antaranya pendamping PKH di Denpasar, Bali.

Hasrat Ismansyah selaku Koordinator Pendamping PKH di Denpasar, menjelaskan dia selalu berkoordinasi dengan petugas Kantorpos untuk menyelaraskan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Aku berkoordinasi dengan spaceman pragmatic Kantorpos berkaitan data penerima untuk percepatan penyaluran bansos. Karena, pendamping PKH bertugas memastikan KPM menerima bantuan,\\” kata Hasrat Ismansyah.

Door to Door
Dalam menjalankan penyaluran bansos sembako dan PKH, Pos Indonesia memakai tiga cara adalah dibagikan di Kantorpos, kelompok sosial, dan diantarkan segera ke rumah KPM (door to door) bagi yang sedang sakit, lansia, maupun disabilitas.

\\”Sistem yang diterapkan Pos Indonesia luar lazim. Penyaluran di kelompok sosial itu membantu KPM yang rumahnya jauh. Layanan Pos luar lazim sigap. Terlebih layanan door to door. Bila ada KPM yang tak dapat datang ke Kantorpos, bantuannya diantarkan ke rumah KPM,\\” ujarnya.

Sebagai Koordinator Pendamping PKH, Hasrat kerap mendapati KPM yang rupanya sudah pindah rumah tapi tak melapor. Hal itu menyulitkan dirinya dan petugas Pos dikala menyalurkan bansos.

\\”Tantangannya, KPM yang pindah rumah tak melapor sehingga kami kesulitan mencari alamat. Bila koordinasi dengan petugas Pos gampang. Kami umumnya telepon, WhatsApp. Kapan bahkan dapat, hari libur, malam, selalu diterima oleh Pos,\\” katanya.

Lebih lanjut Hasrat ingin segala KPM akan sejahtera kehidupannya, sehingga dapat hidup mandiri tanpa perlu menggantungkan harapan pada bansos sembako dan PKH. \\”Harapannya KPM pesat graduasi. Kerja sama dengan Pos lancar. Untuk yang belum menerima bansos silakan melaporkan ke kepala dusun, nanti akan diteruskan ke Dinsos,\\” sebutnya.