• Mei 12, 2024

3 Cara Teknik Membaca Cepat, Berikut Ini Pengertian dan Tujuannya

Membaca menjadi hal yang penting dilaksanakan tiap saat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), membaca yakni memperhatikan dan memahami apa yang tertulis. Dalam membaca, terdapat suatu teknik yakni membaca pesat. Bagaimana caranya?
Faktanya, tak seluruh orang sanggup membaca pesat. Maka ini karena membaca pesat dibutuhkan sebagai kesanggupan untuk pembaca jurnal atau pembaca lainnya yang memerlukan teknik ini.

Pengertian Membaca Cepat
Dikutip dari buku “Petunjuk Teknik Membaca Cepat” terbitan Perpusnas RI, membaca pesat yakni pengerjaan membaca dengan kecepatan slot spaceman tinggi, di mana hampir keseluruhan materi yang dibaca hanya memerlukan waktu tertentu yang disertai dengan pemahaman isi.

Materi yang dimaksud yakni isi dari bacaan. Walaupun waktu tertentu diterapkan sebagai pertanda seberapa banyak kata yang dibaca dengan satuan kpm (kata per menit).

Pada teknik membaca pesat hal yang demikian diharapkan pembaca sanggup memahami isi bacaan sekitar 70%. Maka teknik membaca pesat itu diterapkan untuk mendapatkan informasi secara pesat dengan waktu yang singkat. Penggunaan teknik ini disesuaikan dengan tujuan pembaca.

Kecepatan membaca tergantung pula pada tingkat kesulitan materi atau bahan bacaan yang dibaca. Karena, pembaca tak hanya sekedar membaca tetapi juga memahami isinya.

Tujuan Membaca Cepat
Berikut beberapa tujuan dari dikerjakannya teknik membaca pesat.

  1. Mengenali topik bacaan

Teknik membaca pesat bisa diterapkan saat seseorang mencari buku di perpustakaan karena perlu membaca pesat isinya sekilas agar menghemat waktu. Membaca pesat ini juga untuk mengenali isi topik suatu bacaan secara singkat.

  1. Menemukan bagian penting

Teknik ini juga bisa diterapkan untuk menemukan nilai atau bagian penting dari bacaan secara pesat atau singkat. Sehingga tak perlu memahami keseluruhan dan hanya perlu menemukan inti topiknya.

  1. Mengetahui organisasi penulisan

Dengan teknik membaca pesat karenanya bisa segera mengetahui urutan inspirasi pokok dan sistem seluruh materi disusun dalam kesatuan pikiran, serta mencari hubungan antar bagian dalam bacaan.

  1. Mendapatkan kesan biasa

Maka ini biasa didapat pada suatu buku, tulisan, atau tulisan singkat untuk menemukan topik dari isi bacaan.

  1. Menemukan bahan

Membaca pesat diterapkan untuk menemukan bahan bacaan yang dibutuhkan dengan mengetahui nilai pentingnya saja.

Maka dari itu, membaca pesat bisa diterapkan oleh seluruh kalangan yang memang butuh teknik ini untuk tujuan tertentu.